IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN KERJA SAMA SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN KERJA SAMA SISWA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode role playing dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kerja sama siswa. 2) Untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan analisis dan kerja sama siswa setelah menggunakan metode role playing dalam pembelajaran IPA. 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan analisis dan kerja sama siswa setelah memnggunakan menggunakan metode role playing dalam pembelajaran siswa. Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent kontrol design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kesamaan awal, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini berdasarkan pada perumusan masalah, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi metode role playing mampu meningkatkan kemampuan analisis dan kerja sama siswa serta memperoleh respon yang baik dari siswa selama proses pembelajaran. Dapat dilihat rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 22,5 dan kelas kontrol sebesar 17,25. Untuk rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 68,75 dan kelas kontrol sebesar 58. 2) Terdapat keefektifan metode role playing dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kerja sama siswa. Dilihat dari perhitungan uji t-test bahwa t hitung > t tabel. Dari perhitungan diketahui 3,786 > 1,686 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Peningkatan kemampuan analisis siswa dengan diterapkannya metode role playing tergolong kategori sedang. Dapat dibuktikan bahwa uji N-Gain dengan diperoleh untuk kelas eksperimen sebesar 0,59 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,49 (sedang). Namun indeks dari besarnya uji N-Gain itu lebih besar dari kelas eksperimen artinya metode role playing itu memberikan kotribusi keefektifan atau pengaruh peningkatan terhadap kemampuan analisis siswa.
Kata kunci: Metode Role playing, Kemampuan Analisis, Kerja Sama


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2018020035
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail