PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA MATERI IBADAH HAJI KELAS VIII DI MTS AN-NUUR KALIERANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH PADA MATERI IBADAH HAJI KELAS VIII DI MTS AN-NUUR KALIERANG

XML

Skripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui metode demontrasi yangditerapkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranFiqih materi ibadah haji di MTs An-Nuur Kalierang; 2) untuk mengetahui adatidaknya peningkatan hasil belajar siswa di MTs An-Nuur Kalierang setelahmengikuti pembelajaran ibadah haji dengan metode demonstrasi. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenispenelitiannya menggunakan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode pretest dan posttest. Kemudian, sumber data diperoleh darisumber data primer dan data sekunder (buku-buku, referensi yang berkaitandengan demonnstrasi, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet). Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret sampai Juni 2023. Subyek dalampenelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An-Nuur Kalierang yang berjumlah 42siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Sebelum pembelajaran kedua kelompok diberikan soal pretes. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran ibadah haji dengan metodedemonstrasi, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metodedemonstrasi. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhirberupa tes hasil belajar, kemudian hasilnya diolah dan dianalisis menggunakan ujit, uji gain dan presentase respon. Hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. 1) Dari analisis uji tdiperoleh thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf kesalahan 5% (6,62 > 2,021) maupun taraf kesalahan 1% (6,62 > 2,704) yang artinya terbukti bahwa hipotesisalternatif (Ha) yang diajukan secara signifikan dapat diterima. 2) Hasil uji gainkelas kontrol diperoleh hasil 0,074 dan dapat disimpulkan bahwa peningkatanpenguasaan materi ibadah haji kelas kontrol rendah, dengan hasil uji g yaitu 0,074< 0,7. Hasil uji gain kelas eksperimen diperoleh hasil 0,651 dan dapatdisimpulkan bahwa peningkatan penguasaan materi ibadah haji kelas eksperimensedang, dengan hasil uji g yaitu 0,3> 0,651 > 0,7.
Kata Kunci: Penggunaan, Demonstrasi, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alif Purniawan - Personal Name
Student ID
2019010401
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail