Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PEMUAIAN DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
XMLTujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran peer teaching untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas VII pada materi kelas klasifikasi materi dan perubahannya 2. Untuk mengetahui Perbedaan preastasi belajar antara siswa yang menggunakan metode peer teaching dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII pada materi kelas klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Takhassus Al-Qur’an 2 tahun pelajaran 2018/2019, 3. Peningkatan prestasi belajar fisika siswa dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching siswa kelas VII pada materi kelas klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Takhassus AlQur’an 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMP Takhassus Al-Qur’an 2 tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 109 siswa terbagi menjadi 5 kelas. Sampel diambil secara Random Sampling, sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan kelas VIIB dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode peer teaching. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes untuk memperoleh hasil belajar siswa dan observasi untuk memperoleh keaktifan belajar siswa. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis kuantitatif. 1. Proses pembelajaran dengan metode peer teaching menggunakan sintak yang utama yaitu pengelompokkan siswa dan membag tugas siswa. pembagian kelompok dilakukan secara heterogen sehingga setiap kelompok dapat terdiri dari siswa yang pintar dan kurang pntar. Pembagian tugas ini didasarkan atas kemampuan siswa. 2. Dari data yang diperoleh sebanyak 4 peserta didik dengan persentase 16% dikelas kontrol dinyatakan lulus KKM. Dibandingkan dengan kelas kontrol, kelas eksperimen memperoleh 17 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM dengan persentase kelulusan lebih tinggi yaitu 68%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya peer teaching. 3. Dari hasil penelitian dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara rata-rata nilai dengan hasil analisis uji-t. Dari kedua sampel diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 74,94, lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 63,82. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 4,08 > ttabel 1,68, untuk taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: metode peer teaching, prestasi belajar siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Naila Alfi Rokhmatin - Personal Name
|
Student ID |
2019020031
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |