PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM PENINGKATAN PENULISAN HURUF ARAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH PANGENTAN BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DALAM PENINGKATAN PENULISAN HURUF ARAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH PANGENTAN BANJARNEGARA

XML

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuibagaimana konsep model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, untuk mengetahuibagaimana Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs DalamMeningkatkan Penulisan Huruf Arab Pada Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits DiKelas III MI Muhammadiyah Pangentan Banjarnegara dan untuk mengetahui factorpendukung dan penghambat dalam Model Pembelajaran Practice Rehearsal PairsDalam Meningkatkan Penulisan Huruf Arab Di Kelas III MI MuhammadiyahPangentan Banjarnegara.Jenis penelitian yang digunakan adalah Dalam penelitian ini, penelitimenggunakan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Penelitian tindakan kelas (PTK) berkembang dari istilah penelitiantindakan (action resesrch) penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis yangdimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Pada penelitian iniinstrument yang digunakan adalah tes, instrumen observasi guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran PracticeRehearsal Pairs adalah model sederhana yang dapat dipakai untuk mempraktekkansuatu keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Faktor pendukung danpenghambat dalam Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs yaitu persiapanmental siswa dalam mendemonstrasikan pembelajaran Practice Rehearsal Pairsmata Pelajaran Al-Qur‟an Hadist kurang terbimbing dan topik yang dipraktekkankurang diatur secara baik sehingga merumitkan peserta didik dalammempraktekkannya. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadipeningkatan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM pada setiapsiklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata dari 19 siswa yaitu 75,31 dengan rincian 15siswa telah mencapai ketuntasan kriteria minimal (KKM) dan 4 siswa belum tuntas. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I yang diperoleh siswa adalah 78,94% danbelum mencapai batas minimal ketuntasan klasikal kelas sebesar 85% makadilanjtkan tindakan siklus II. Hasil tindakan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah90,78. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 89,47% ebihbesar dari 85% dari hal tersebut maka PTK ini dinyatan berhasil.
Kata Kunci: Practice Rehearsal Pairs, Huruf Arab, Al-Qur’an Hadist


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Agiastika Mega Senjani - Personal Name
Student ID
2016010273
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Ali Imron, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail