PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

XML

Tujuan Penelitian 1) untuk mengetahui kevalidan Elektronik Modul berbasis STEM; 2) untuk mengetahui kepraktisan E-Modul berbasis berbasis STEM; dan 3) untuk mengetahui kefektifan E-Modul berbasis E-Modul berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi Gelombang Bunyi.
Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk mendesain elektronik modul fisika yang berbasis STEM dibuat menggunakan program Canva serta Heyzine, yang tersedia melalui tautan di PC dan Mac serta perangkat yang menjalankan Android atau iOS. Penelitian ini dilakukan di MA I’anatul Qur’an, Wonosobo, dengan sampel sebanyak 13 siswa kelas XI. Pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, angket, dan tes. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu uji validasi, uji t dan uji n-gain.
Berdasarkan hasil penelitian melalui elektronik Modul Fisika berbasis STEM dan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Elektronik Modul memenuhi kriteria valid dengan presentase validitas media 96,33%; 2) Elektronik Modul yang dikembangkan praktis digunakan dengan klasifikasi uji t hitung sebesar 7,50, dk sebanyak 24 serta alfa 5% sehingga t table 1,7109, dan didapatkan Uji n-gain sebesar 0,30 berkategori sedang; dan 3) Elektronik Modul yang dikembangkan efektif digunakan dengan klasifikasi uji t hitung sebesar -11,40, dk sebanyak 24 serta alfa 5% sehingga t tabel 1,7109, dan didapatkan n-gain sebesar 0,75 berkategori tinggi. Sehingga elektronik modul memotivasi dan memudahkan siswa untuk belajar mandiri karena disertai video penjelasan.
Kata kunci: E-Modul, STEM, kemampuan berpikir kreatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Avina Tri Sasetyo - Personal Name
Student ID
2018020016
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail