PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS WISATA LOKAL TELAGA WARNA WONOSOBO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS WISATA LOKAL TELAGA WARNA WONOSOBO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA yang valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaram IPA di kelas. Modul yang dikembangkan adalah modul yang terintegrasi dengan wisata lokal telaga warna di Wonosobo, dengan materi yang diuraikan dalam modul adalah materi cahaya dan alat optik. Selain itu, modul yang dikembangkan juga bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk berupa modul, media dan lainnya. Model yang digunakan peneliti adalah 4D (fours D Models). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuosioner), tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data yaitu lembar validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa, dan soal tes penguasaan konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP berjumlah 17 siswa.
Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) validasi modul oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi diperoleh presentase keseluruhan 80,1% termasuk kategori valid; (2)hasil kepraktisan modul yang dinilai oleh siswa diperoleh presentase keseluruhan sebesar 87,82% termasuk kategori sangat praktis;(3) mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa berdasarkan hasil rata-rata nilai pretest dan postest, terdapat peningkatan nilai, pada pretest diperoleh skor rata-rata sebesar 52,05, sedangkan pada postest memperoleh atarata sebesar 88,52.
Kata Kunci: Wisata lokal; Penguasaan Konsep; Cahaya & Alat Optik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anik Zuhriatul Fatimah - Personal Name
Student ID
2019020005
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail