PENGARUH DALAM PEMBERIAN KOMPRES HANGAT TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH PADA ANAK DEMAM USIA PRA SEKOLAH (LITERATUR REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

PENGARUH DALAM PEMBERIAN KOMPRES HANGAT TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH PADA ANAK DEMAM USIA PRA SEKOLAH (LITERATUR REVIEW)

XML

Badan Kesehatan Dunia atau World of Health Organization (WHO) memperkirakan kasus demam mencapai 16-33 juta pertahun di dunia dengan 500.000-600.000 kasus kematian dengan sebagian besar disebabkan karena faktor infeksi. Dampak dari demam ini apabila tidak segera ditangani bisa menyebabkan hipertermia maupun kejang. Maka dari itu ada salah satu cara yang dapat digunakan untuk menangani demam, yaitu dengan memberikan intervensi kompres hangat. Kompres hangat adalah tindakan dengan menggunakan kain atau handuk yang telah dicelupkan pada air hangat, yang ditempelkan pada bagian tubuh tertentu khususnya yang terdapat pembuluh darah besar, dengan tujuan pemberian untuk memberikan rasa nyaman dan menurunkan suhu tubuh. Penelitian ini menggunakan metode literature review, database yang digunakan adalahgoogle scholar, kemudian untuk isi dari penelitian ini adalahinformasi mengenai data yang relevan pengaruh pemberian kompres hangat terhadap penurunan suhu tubuh anak demam usia prasekolah.Dari beberapa penelitian yang sudah di review hasil menunjukan P value<0,005 artinya signifikan, bahwa pemberian kompres hangat terhadap anak yang mengalami demam efektif digunakan dengan adanya perubahan suhu tubuh sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.
Kata Kunci:Kompres hangat, demam, penurunan suhu.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Student ID
2018200011
Dosen Pembimbing
Ns. Marwiati, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail