ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TUBERKULOSIS (TB PARU) DENGAN TINDAKAN BATUK EFEKTIF TERHADAP ERSIHAN JALAN NAFAS (LITERATURE REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN TUBERKULOSIS (TB PARU) DENGAN TINDAKAN BATUK EFEKTIF TERHADAP ERSIHAN JALAN NAFAS (LITERATURE REVIEW)

XML

Latar Belakang : Tuberculosis paru merupakan penyakit yang disebabkan oleh Mycobaterium Tuberkulosis terutama paru-paru atau organ lain. (Widodo & Pusporati,2020). Tujuan : Tujuan untuk mengetahui Pengaruh Batuk Efektif Terhadap Bersihan Jalan Nafas pada Pasien dengan Tuberkulosis (TB Paru). Metode : Metode yang digunakan dalam Karya Tulis Ilmiah yaitu Literature Review menggunakan database Google Scholar dengan kata kunci batuk efektif,tuberculosis, dan bersihan jalan nafas dengan jumlah 272 artikel namun hanya memperoleh 3 artikel yang dianggap relevan. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian pada artikel pertama ada pengaruh signifikan antara pemberian teknik relaksasi nafa dalam dan batuk efektif, artikel kedua menunjukan adanya pengaruh setelah diberikan program fisioterapi dada dan batuk efektif, artikel ketiga dengan intervensi fisioterapi dada dan batuk efektif hasil suara ronkhimasih terdengardi paru sebelah kanan saja dan berkurang sebelum dilakukan tindakan batukefektif. Simpulan : Kesimpulan dari hasil review tindakan batuk efektif terhadap bersihan jalan nafas pada pasien tuberculosis adanya pengaruh signifikan sebelum dan setelah dilakukan tindakan batuk efektif terhadap bersihan jalan nafas pada pasien tuberculosis (TB Paru).
Kata Kunci : batuk efektif,tuberkulosis, bersihan jalan nafas.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Khanifa Nurul Auliya - Personal Name
Student ID
2018200022
Dosen Pembimbing
Ns. M. Fahrurozi. M. Kes - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail