KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM AL-QUR'AN (ANALISIS SURAT AL-ISRA AYAT 1 DAN AN-NAML AYAT 40 DENGAN PENDEKATAN TAFSIR ILMI)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM AL-QUR'AN (ANALISIS SURAT AL-ISRA AYAT 1 DAN AN-NAML AYAT 40 DENGAN PENDEKATAN TAFSIR ILMI)

XML

Al-Qur’an sudah mengatur dan membahas segala hal, termasuk tentang penciptaan alam semesta dan segala peristiwa yang terjadi di dalamnya. Dalam hidup, akan ada beberapa peristiwa luar biasa dan tidak lazim menurut pemikiran manusia. Peristiwa bersejarah yang sangat dikenal oleh semua manusia terutama kaum muslim adalah peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad betahun-tahun silam. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad berpindah dari satu tempat ke tempat lain, bahkan sampai ke tempat tertinggi yaitu Sidratul Muntaha hanya dalam waktu satu malam. Selain peristiwa Isra’ Mi’raj ada juga kejadian lain yang masih erat kaitannya dengan perpindahan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, yaitu perpindahan singgasana Ratu Bilqis pada masa pemerintahan Nabi Sulaiman. Diceritakan bahwa seorang ahli Kitab mampu memindahkan singgasana tersebut dalam sekejap. Dua peristiwa ini tentu saja mempunyai kaitan dengan ruang dan waktu, karena keberadaan kita semua dan makhluk lainnya di dunia ini tidak bisa lepas dari eksistensi tersebut. Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode Tahlili (analisis), dan dengan studi kepustakaan (Library research).

Kata kunci: Al-Qur’an, ruang, dan waktu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muchlisoh Suraida - Personal Name
Student ID
2018080098
Dosen Pembimbing
Dr. M. Ali Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Ahmadiy, S.Th.I., M.Hum. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76231
Edisi
Published
Departement
Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FSH-IQT 524 MUC k
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail