PENGARUH PERSEPSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN)

Detail Cantuman

Prodi Perbankan Syariah

PENGARUH PERSEPSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN)

XML

Perbankan syariah memiliki karakteristik yang sesuai dengan persepsi masyarakat muslim. Karakter dari perbankan syariah tidak menerapkan sistem bunga. Persepsi merupakan suatu anggapan yang muncul atas suatu informasi yang diterima. Religiusitas merupakan suatu sistem yang kompleks dari kepercayaan, keyakinan, sikap-sukap, yang menghubungkan individu dengan suatu keberadaan yang bersifat ketuhanan. Persepsi dan Religiusitas menjadi salah satu faktor penentu dalam memahami informasi atau pengetahuan yang mempengaruhi seseorang dalam menentukan minat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh persepsi terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah, untuk membuktian pengaruh religiusitas terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan religiusitas terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan datanya menggunakan penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden dari 1420 populasi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel dependen dan satu variabel independen. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan menggunakan metode validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, uji regresi, koefisien determinasi, sisimultas (Ftes), dan uji parsial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,756>1,986) dan nilai signifikan lebih kecil dengan 0,05 (0,007< dari 0,05). 2) Religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,481 < 1,986) dan nilai signivikan lebih besar dari 0,05 (0,142> 0,05).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ana Wifda Mazya - Personal Name
Student ID
2017230003
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61206
Edisi
Published
Departement
Perbankan Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail