PENERAPAN METODE WEBBED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 2 MI MA'ARIF GONDANG WATUMALANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2021-2022

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN METODE WEBBED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 2 MI MA'ARIF GONDANG WATUMALANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2021-2022

XML

Pendidikan yang ada di Indonesia pada saat ini menerapkan kurikulum tahun 2013 atau yang sering disebut dengan k13. Kurikulum sangatlah penting bagi kegiatan pendidikan oleh karena itu kurikulum memiliki fungsi utama yaitu sebagai pedoman untuk proses penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Kurikulum dirancang guna dijadikan sebuah pijakan bagi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang menerapkan K13 merupakan pembelajaran yang memuat materi pembelajaran secara terpadu dalam satu tema yang sering disebut sebagai pembelajaran tematik Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi yang digunakan untuk mengamati penerapan metode Webbed Learning, wawancara digunakan untuk melihat tumbuhnya minat belajar peserta didik dan tanggapan peserta didik mengenai penerapan metode Webbed Learning, dan dokumentasi sebagai bukti catatan data yang diambil. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama, pada pembelajaran tematik dengan adanya penerapan metode Webbed Learning di MI Ma‟arif Gondang Watumalang Wonosobo Tahun Ajaran 2022-2023 dilakukan dengan strategi ceramah dan inquiri. Pada dasarnya banyak strategi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru guna mendukung proses pem belajaran. Keadaan kelas dalam proses pembelajaran dengan penerapan metode Webbed Learning peserta didik menjadi lebih aktif dalam bertanya dan menjawab setiap pertanyaan. Kedua, dalam memperoleh hasil data yang didapatkan oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi maka didapat kesimpulan bahwa dalam pembelajaran tematik dengan adanya penerapan Webbed Learning minat belajar peserta didik meningkat serta peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Minat belajar yang tumbuh ditunjukkan oleh peserta didik dengan cara aktif pada saat kegiatan pembelajaran. Ketiga, peneliti memperoleh data dengan cara membagikan angket kepada 30 orang peserta didik kelas 2 MI Ma‟arif Gondang Watumalang Wonosobo, angket dibagikan kepada peserta didik dengan 10 pertanyaan. Peserta didik aktif bertanya serta menjawab setiap soal yang peneliti berikan. Hasil wawancara yang tercantun dalam analisis data diatas dapat diperoleh hasil bahwa dengan metode Webbed Learning peserta didik lebih mudah dalam memahami materi dan peserta didik merasa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Kata Kunci: Metode Webbed Learning, Pembelajaran Tematik, Minat Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yunia Eka Rafika Sari - Personal Name
Student ID
2018030056
Dosen Pembimbing
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M.Ag - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PGMI 6636 YUN p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail