IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN WUDHU SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI ISLAMIYAH 02 RAKIT BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN WUDHU SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI ISLAMIYAH 02 RAKIT BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

XML

Zayina Hidayati:IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILLDALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN WUDHUSISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN FIKIHMATERI WUDHU di MI ISLAMIYAH 02 RakitBanjarnegara Tahun Pelajaran 2021/2022) Skripsi,Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo,2022.Metode pembelajaran drill atau disebut latihan siap, yaitu untukmemperoleh ketangkasan atau keterampilan latihan pada mata pelajaran yangdipelajari. Dengan menyuruh siswa mengerjakan sesuatu secara berulang-ulangsampai siswa memiliki keterampilan yang diharapkan. Skripsi ini bertujuan untuk:1) untuk mengetahui keterampilan wudhu siswa kelas IV MI Islamiyah; 2) untukmengetahui implementasi metode pembelajaran drill dalam peningkatanketerampilan wudhu siswa kelas IV MI Islamiyah 02 Rakit Banjarnegara; 3)untuk mengetahui peningkatan keterampilan wudhu siswa pada mata pelajaranFikih materi wudhu kriteria ketuntusan minimal (KKM).Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dariinforman, peristiwa dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan yang peneliti lakukandapat diketahui bahwa peningkatan keterampilan wudhu siswa kelas IV setelahditerapkannya metode pembelajaran drill pada mata pelajaran Fikih terdapatperubahan yang cukup bagus. Dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagianbesar guru masih memilih meggunakan metode pembelajaran drill dan diskusiagar semua siswa aktif dalam pembelajaran. Sejauh ini pembelajaran matapelajaran Fikih sudah berjalan dengan baik dikarenakan guru sudah memenggantimetode ceramah menjadi metode pembelajaran drill, diskusi dengan siswa materiwudhu, melakukan praktik wudhu secara langsung sehingga tujuan pembelajarandapat tercapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minim


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Zayina Hidayati - Personal Name
Student ID
2018010043
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asep Sunarko, M.Pd - - Penguji 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6624 ZAY i
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail