PEMBERIAN TINDAKAN MANAJEMEN CAIRAN UNTUK MENGATASI KELEBIHAN VOLUME CAIRAN PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) (LITERATURE REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

PEMBERIAN TINDAKAN MANAJEMEN CAIRAN UNTUK MENGATASI KELEBIHAN VOLUME CAIRAN PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) (LITERATURE REVIEW)

XML

Latar belakang : Manajemen cairan adalah ketrampilan dalam mengidentifikasi masalah, menetapkan tujuan, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dalam menanggapi fluktuasi tanda dan gejala, mengambil tindakan dalam menanggapi respon fisiologis kekurangan cairan tubuh, monitoring serta mengelola gejala. Tujuan : Menggali dan mempelajari tindakan pembatasan cairan untuk mengatasi kelebihan volume cairan pd pasien gagal ginjal. Metode : Karya tulis ilmiah ini menggunakan metode litaeratue review, yaitu dengan cara mengumpulkan sejumlah artikel penelitian jurnal nasional yang dilakukan dengan melakukan pencarian artikel di Google Scholar. Hasil : Berdasarkan hasil review 3 artikel mengenai pembatasan cairan terhadap kelebihan volume cairan pada pasien CKD terdapat pengaruh yang siginfikan untuk mengatasi kelebihan volume cairan. Kesimpulan :Pembatasan cairan sangat berpengaruh untuk mengatasi kelebihan volume cairan.
Kata kunci : Pembatasan cairan , kelebihan volume cairan dan gagal ginjal kronik


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Awal Agustiawan - Personal Name
Student ID
2018200105
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail