PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI TEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NUSANTARA WONOSOBO MATERI “KALOR DAN PERUBAHANNYA”

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI TEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NUSANTARA WONOSOBO MATERI “KALOR DAN PERUBAHANNYA”

XML

Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran IPA belum efektif dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas VII masih banyak yang dibawah KKM, dari setiap kelas masih banyak yang belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan belum tersedianya media pembelajarannya. Peserta didik yang hanya melakukan mencatat akan merasa jenuh, tidak suka pembelajaran IPA dan menganggap pembelajran yang membosankan. Mengurangi kendala diatas, dibutuhkan suatu media yang mudah dalam pembuatannya, menarik serta dapat menunjang pembelajaran yang dilaksanakan secara daring, salah satunya media pembelajaran powtoon. Skripsi ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui apakah media pembelajaran powtoon efektif dan layak digunakan pada pembelajaran IPA. (2) untuk mengetahui apakah media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) untuk mengetahui apakah media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan literasi teknologi peserta didik.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan), tetapi lebih difokuskan pada proses pengembangan menggunakan metode ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media video pembelajaran, setelah itu diterapkan kemudian melakukan tes hasil belajar dan literasi teknologi peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media video pembelajaran pada materi kalor dan perpindahannya. Hal ini dapat dilihat dati hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 84,76% dinyatakan kualitas sangat baik, sedangkan ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 88,36% dinyatakan kualitas sangat baik dan validasi pengguna memperoleh skor sebesar 92,25% kualitas sangat baik.(2) Media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat kita lihat pada perolehan rata-rata nilai gain yaitu kelayakan sebesar 0,503 yang berada di interval 0,30 – 0,69 dan dikategorikan “sedang” (3) Media pemebelajaran powtoon dapat meningkatkan literasi teknologi. Hal ini dapat kita lihat pada perolehan nilai gain pada angket yaitu sebesar 0,85 dimana nilai tersebut berasda pada interval 0,70 – 1,0 dengan kategori “Tinggi”.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alif Supriyanto - Personal Name
Student ID
2016020017
Dosen Pembimbing
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail