ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST APENDIKTOMI DENGAN PEMBERIAN TINDAKAN TERAPI RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI (LITERATURE REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST APENDIKTOMI DENGAN PEMBERIAN TINDAKAN TERAPI RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI (LITERATURE REVIEW)

XML

Latar belakang: Prevelensi apendiksitis yang menjalani apendiktomi sebanyak 75,2% dan keluhan utama yang sering dirasakan adalah nyeri. Nyeri akan berdampak pada aktivitas sehari-hari dan apabila tidak ditangani dapat mengakibatkan komplikasi seperti syok neurogenik. Sehingga diperlukan tindakan keperawatan mandiri dengan melakukan manajemen nyeri yang sederhana dan mudah untuk dilakukan yaitu relaksasi genggam jari.
Tujuan : Menggali tindakan keperawatan yang spesifik dengan fokus tindakan relaksasi genggam jari untuk menurunkan skala nyeri pada pasien post apendiktomi.
Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu Literature Review, pencarian menggunakan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci Relaksasi Genggam Jari yang diperoleh 830 temuan, kemudian menggunakan kata kunci Relaksasi Genggam Jari pada pasien Post Apendiktomi ditemukan 30 temuan selanjutnya dipilih jurnal sejak tahun 2016-2020 ditemukan 22 temuan kemudian diambil 3 jurnal yang paling terbaru dan relevan yaitu tahun 2019-2020.
Hasil : Hasil Literature Review menggunakan 3 jurnal yang menunjukkan perubahan yang signifikan ketika pasien post apendiktomi diberikan tindakan relaksasi genggam jari sebelum di lakukan tindakan relaksasi genggam jari rata-rata pasien menunjukkan skala nyeri sedang sedangkan setelah diberikan relaksasi genggam jari ratarata pasien menunjukkan nyeri ringan yang artinya terdapat pengaruh setelah diberikan relaksasi genggam jari.
Kesimpulan : Relaksasi Genggam Jari signifikan untuk menurunkan skala nyeri pada pasien post apendiktomi


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Anis Nur Alfa - Personal Name
Student ID
2017200056
Dosen Pembimbing
Ns. Sri Mulyani, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail