PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

XML

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA yang efektif dan layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D menggunakan model Borg & Gall meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk. Penelitian ini menggunaan metode penelitian pre-eksperimen dengan penelitian menggunakan one group pre-test post-test. Design subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosobo yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif meliputi kelayakan modul dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatan prestasi belajar.
Dari perhitungan angket validasi ahli materi diperoleh angka persentase 77%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli materi, modul tersebut termasuk kategori layak. Dari perhitungan angket validasi ahli media diperoleh angka persentase 67,692%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli media, modul tersebut termasuk kategori layak. Dari perhitungan angket validasi guru IPA diperoleh angka persentase 84%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi guru IPA, modul tersebut termasuk kategori sangat layak. Dari perhitungan angket respon siswa diperoleh angka persentase rata-rata 82,5%, maka berdasarkan kriteria interpretasi kemenarikan, modul tersebut sangat menarik.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan modul pembelajaran IPA yang dikembangkan oleh peneliti. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji N-Gain prestasi belajar sebesar 0,42 kategori “sedang”.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rifani Azwar Fakrian - Personal Name
Student ID
2015020017
Dosen Pembimbing
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, M. sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PF 6637 RIF p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail