PENGARUH SKALA USAHA, INFORMASI DAN SOSIALISASI, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, LAMA USAHA, DAN JENJANG PENDIDIKAN TERHADAP PEMAHAM UMKM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR PABRIK CARICA DI KABUPATEN WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

PENGARUH SKALA USAHA, INFORMASI DAN SOSIALISASI, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, LAMA USAHA, DAN JENJANG PENDIDIKAN TERHADAP PEMAHAM UMKM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP (STUDI KASUS PADA UMKM SEKTOR PABRIK CARICA DI KABUPATEN WONOSOBO)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh skala usaha, informasi dan sosialisasi, latar belakang Pendidikan, lama usaha, dan jenjang pendidikan terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Penelitian ini dilakukan terhadap usaha UMKM sektor pabrik carica di Kabupaten Wonosobo.
Populasi penelitian ini adalah semua usaha UMKM sektor carica di Kabupaten Wonosobo. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 47 pabrik carica. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reabilitas dan analisis regresi berganda, kemudian menggunakan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan pengujian hipotesis meliputi uji koefisien determinasi dan uji signifikansi koefisien regresi dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skala usaha dan informasi dan sosialisasi berpengaruh positif terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP, sedangkan latar belakang Pendidikan, lama usaha, dan jenjang Pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah dari 5 variabel independen yang diteliti hanya 2 variabel yang mempengaruhi variable dependen. Jumlah sampel yang diteliti relatif sedikit, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu untuk menyebar kuesioner. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperluas objek penelitian, tidak hanya terbatas pada sektor pabrik carica semata.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Harofah - Personal Name
Student ID
2014100045
Dosen Pembimbing
Nanang Agus Suyono, S.E., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Susanti, S.E., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail