Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI EVALUASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN NURUN ‘ALANNUR WONOSOBO TAHUN 2022
XMLQoriatul Fasikhah. IMPLEMENTASI EVALUASI KEGIATAN BELAJARMENGAJAR MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTRENNURUN ‘ALANNUR WONOSOBO TAHUN 2022. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaankegiatan belajar mengajar madrasah diniyah pondok pesantren Nurun ‘AlannurWonosobo.2) Untuk mengetahui penerapan sistem evaluasi kegiatan belajarmengajar madrasah diniyah di pondok pesantren Nurun ‘Alannur wonosobo.3)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap implementasievaluasi pendidikan madrasah diniyah.Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripif. Yangdimaksud dengan penelitian jualitatif adalah sebuah tradisi tertentu dalam ilmupengetahuan sosial yang pada dasanya bergantung dengan pengamatan padamanusia dalan kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang orang tersebut.Deskriptif berarti penggambaran atau memaparan yang apa adanya atau sesuaidengan kenyataan, jadi kualitatif deskriptif bermakna penelitian berdasarkankualitas suatu hal yang di dapatkan dalam penelitian yang dilakukan menggunkananmetode pengumpulan data seperti observasi, dokumentasi dan wawancara.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) proses pelaksanaan kegiatanbelajar mengajar madrasah diniyah pondok pesantren Nurun ‘Alannur Wonosobomenggunakan kurikulum yang dibuat sendiri denga menyesuaikan keadaan dankemampuan santri, sehingga memudahkan dalam pemiliham metode yang akandigunakan pada saat penyampaian materi pembelajaran.2) penerapan sistemevaluasi kegiatan belajar mengajar madrasah diniyah di pondok pesantren Nurun‘Alannur wonosobo memberikan dampak baik dalam proses pembelajaran santri.Seperti, santri menjadi lebih konsentrasi dan lebih serius dalam proses belajarmengajar, melatih kerjasama antar pelaku pendidikan di madrasah, sebagaiperbandingan dalam pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah.3) faktor pendukungterlaksananya evaluasi pembelajaran diataranya Kerjasama antar sesama pelakukegiatan dan tertatanya semua administrasi madrasah yang memudahkan dalampelaksanaan evaluasi. Faktor penghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaranmadrasah seperti kurangnya konsentrasi santri pada saat pelaksanaan kegiatanbelajar mengajar dan keterbatasan pihak madrasah untuk menentukan waktu yangdipatenkan dalam pelaksanaannya dikarenakan keharusannya menyesuaikandengan system dalam Pendidikan formal santri.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Madrasah Diniyah, Pendidikan Non-Form
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Qoriatul fasikhah - Personal Name
|
Student ID |
2018010092
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6560 QOR I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |