PENERAPAN MEDIA HANDOUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK MATERI MARI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN MEDIA HANDOUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK MATERI MARI MENGENAL RASUL-RASUL ALLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

XML

Rifka Nurkhasanah: PENERAPAN MEDIA HANDOUT PENDIDIKANAGAMA ISLAM POKOK MATERI MARI MENGENAL RASULRASULALLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA KELAS 5 SD TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi,Wonosobo: Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UniversitasSains Al-Qur‟an (UNSIQ) 2022.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaanbahan ajar pendidikan agama Islam berbasis handout pokok materi mari mengenalrasul-rasul Allah kelas V SD dan mengetahui tingkat kelayakan dari bahan ajarhandout yang dikembangkan serta hasil belajar peserta didik setelahmenggunakan bahan ajar handout. Penelitian ini dilakukan karena permasalahandilapangan yang mana pembelajaran masih kurang maksimal dan rendahnyatingkat literasi peserta didik karena pendidik masih terpaku pada lks dan bukupaket sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.Pendidik belum bisa mengembangkan bahan ajar yang yang inovatif dan mudahdipahami sehingga dapat membangun semangat belajar peserta didik.Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas V SD N 1Ngadikusuman. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan angket instrumentvalidasi dan soal tes.Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa secara keseluruhanbahan ajar handout memiliki tingkat keefektifan product yang dinilai sangatefektif dilihat dari penilaian kuesioner oleh peserta didik setelah menggunakanbahan ajar handout dengan presentase hasil 90,7%. Pengujian hipotesis dilakukanmenggunakan uji t dengan hasil thitung = 13,26 dan dibandingkan dengan ttabelpadataraf kesalahan 1% adalah 2,72. Maka 13,26> 2,72 yang berarti H0 ditolak karenathitung > ttabel. Dan pada taraf kesukaran 5% ttabel = 2,03, maka 13,26 > 2,03 yangberarti H0 juga ditolak karena thitung > ttabel.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Handout, Pendidikan Agama Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rifka Nurkhasanah - Personal Name
Student ID
2018010072
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mukromin,alh.,M.Ag - - Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6558 RIF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail