PENGARUH PERSEPSI PELAKU UMKM TENTANG AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, SKALA USAHA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS UMKM DESA JEMBANGAN, KECAMATAN PUNGGELAN, KABUPATEN BANJARNEGARA)

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

PENGARUH PERSEPSI PELAKU UMKM TENTANG AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, SKALA USAHA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS UMKM DESA JEMBANGAN, KECAMATAN PUNGGELAN, KABUPATEN BANJARNEGARA)

XML

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan tingkat pendidikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada pelaku UMKM di desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Desain/metodologi/pendekatan Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di di desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. yang berjumlah 470. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 123 UMKM yang di dapat melalui teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan bantual perangkat lunak SPSS Statistics v.25.
Hasil Penelitian: Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi dan skala usaha berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sedangkat tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi. Keterbatasan: Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pelaku UMKM tentang akuntansi, pengetahuan akuntansi, skala usaha dan tingkat pendidikan yang merupakan variabel bebas yang mempengaruhi variabel penggunaan informasi akuntansi sebesar 61,2%. Artinya, masih terdapat 38,8% variabel bebas lainnya yang bisa mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Agenda Penelitian Mendatang: Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variable independen yang belum digunakan dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi kinerja UMKM contohnya pengalaman usaha yang dapat mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Suntiah - Personal Name
Student ID
2017100010
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail