PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PARTISIPASI PENGANGGARAN, PENGAWASAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI EMPIRIS PADA DESA DI KECAMATAN KALIWIRO WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PARTISIPASI PENGANGGARAN, PENGAWASAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI EMPIRIS PADA DESA DI KECAMATAN KALIWIRO WONOSOBO)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi, Partisipasi Penganggaran, Pengawasan dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Kaliwiro Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah selurut aparat desa di Kecamatan Kaliwiro yang berjumlah 100 orang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 40 orang, karena setiap desa diberikan 2 kuesioner. Khusus bendahara desa dan sekretaris desa, karena yang paham akan perencanaan dan anggaran dana desa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil pengujian terhadap hipotesis, menunjukkan bahwa variable kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Pengawasan berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi masyarakat berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.
Dalam penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasan yaitu sampel yang digunakan hanya terbatas pada 40 perangkat desa di Kecamatan Kaliwiro, sehingga penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan untuk perangkat desa yang lain yang tidak menjadi sampel, hal ini yang dapat memungkinkan adanya perbedaan hasil dan kesimpulan. Adanya keterbatasan penelitian dengan menggunakan kuesioner yaitu terkadang jawaban yang diberikan oleh responden tidak menunjukkan keadaan sesungguhnya.
Agenda Penelitian yang Akan Datang : Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan memperluas responden agar hasil dapat digeneralisasi. Untuk penelitian mendatang dapat menggunakan alat analisis yang lain seperti alat analisis two stage least square (2SLS) agar masing – masing indikatornya dapat dianalisis dengan mendalam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Qodariyah - Personal Name
Student ID
2017107022
Dosen Pembimbing
Sri Hartiyah, S.E., M.Si., Akt., CA - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Agus Putranto, M.M., M.F.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail