ANALISIS KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF GONDANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

ANALISIS KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI MTS MA'ARIF GONDANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui apakah model pembelajaran TANDUR dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan kreatif. 2. Mengetahui apakah ada keefektifan dari model pembelajaran TANDUR dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. 3. Mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif setelah menggunakan model pembelajaran TANDUR. Pendekatan yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR. Subjek penelitian diambil dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelum pembelajaran, kedua kelas diberi soal pretest. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TANDUR. Kelas control dan kelas eksperimen dikenakan tes akhir berupa posttest kemudian hasil diolah, dianalisis dan dibagikan menggunakan Uji-t dan Uji Gain untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Hasil penelitian menunjukkan kelas VIII B yang menggunakan model pembelajaran TANDUR terjadi peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan Uji Gain, kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,305. Selain itu dapat dilihat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen mendapatkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30, sedangkan kelas kontrol nilai tertinggi 40 dan nilai terendah 10. Perbedaan dalam pembelajaran kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran TANDUR dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan Uji-t hitung > t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 10,2 > 2,024. Sedangkan Uji hipotesis yang diperoleh t-hitung 9,38, selanjutnya t-hitung dibandingkan dengan t-tabel dengan dk = n-2 = 20-2= 18 dan taraf signifikan 5% maka t-tabel = 2,024. Dengan demikian ada perbedaan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TANDUR.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Manggarani - Personal Name
Student ID
2018020011
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-F 6547 DEW A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail