PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS MAHASISWA PRODI AKUNTANSI FEB UNSIQ)

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS MAHASISWA PRODI AKUNTANSI FEB UNSIQ)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengetahuan etika dan religiusitas terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan love of money sebagai variabel intervening studi empiris pada mahasiswa Prodi Akuntansi FEB UNSIQ.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 yang masih aktif di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 yang memenuhi kriteria tertentu. Adapun kriteria yang dijadikan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Akuntansi FEB UNSIQ angkatan tahun 2017 dan 2018 yang masih aktif dan mahasiswa yang sudah menyelesaikan mata kuliah etika profesi dan bisnis. Sampel dalam penelitian ini adalah 105 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan melalui media sosial berupa link google form dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan metode kausal step dengan bantuan perangkat lunak SPPS Statistics versi 20.
Hasil pengujian hipotesis pertama dan kedua diterima menunjukkan bahwa pengetahuan etika dan religiusitas berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Pada hipotesis ketiga dan keempat diterima menunjukkan bahwa pengetahuan etika dan religiusitas berpengaruh positif terhadap love of money. Hipotesis ke lima ditolak menunjukkan bahwa love of money berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Hipotesis ke enam dan tujuh diterima menunjukkan bahwa love of money memediasi hubungan antara pengetahuan etika dan religiusitas terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Dalam penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui gooogle form dikarenakan dalam pengumpulan data dilakukan pada saat pandemi COVID-19 dan dari pihak kampus masih memberlakukan kuliah daring karena itu peneliti mengalami kesulitan dalam penyebaran kuesioner. Sehingga dari 184 kuesioner yang dibagikan hanya 105 yang dikembalikan.
Penelitian selanjutnya dapat memperluas ruang lingkup penelitian dan tidak terbatas pada satu Universitas saja melainkan lebih dari satu Universitas, hal ini dimaksudkan agar dapat melakukan perbandingan antara Universitas satu dengan yang lainnya dan penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain selain pengetahuan etika dan religiusitas, sebagai variabel bebas yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi misalnya gender, prestasi belajar dan status sosial ekonomi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2017100044
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail