ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI EMPIRIS PADA DEPO KAYU DI KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI EMPIRIS PADA DEPO KAYU DI KECAMATAN KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, skala usaha, dan lama usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM depo kayu di Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada para pelaku UMKM depo kayu di Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Pengambilan sampel sebanyak 50 responden dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan metode regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, skala usaha, dan lama usaha berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.
Hasil penelitian ini hanya dapat dijadikan analisis pada objek penelitian UMKM depo kayu di Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, sehingga memungkinkan adanya perbedaan hasil dan kesimpulan apabila dilakukan di tempat lain. Dalam proses pengambilan data, informasi yang diberikan responden melalui kuesioner terkadang tidak menunjukkan pendapat responden yang sebenarnya, hal ini terjadi karena terdapatnya perbedaan pemikiran dan faktor lain seperti kejujuran dalam pengisian pendapat responden dalam kuesionernya. Kurangnya fokus responden dalam mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam kuesioner yang disebabkan karena waktu dan kesibukan, sehingga terbuka kemungkinan jawaban yang diberikan responden tidak sepenuhnya sesuai keadaan yang sebenarnya.
Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menggunakan sampel yang lebih luas, karena pada penelitian ini lingkup sampel masih sempit yaitu hanya pemilik depo kayu yang ada di Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonososbo. Menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi. Hal ini dikarenakan dalam penelitian ini variabel pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, skala usaha dan lama usaha hanya berpengaruh sebesar 58% dan sisanya 42% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Sehingga dengan menambahkan variabel lain seperti omzet usaha, pengalaman usaha, pelatihan akuntansi dan lain-lain dapat memperoleh gambaran hasil penelitian yang lebih mendekati kondisi sebenarnya. Diharapkan dalam pembuatan kuesioner dapat menggunakan bahasa yang sederhana atau langsung pada intinya sehingga responden dapat langsung memahami isi dari kuesioner tersebut dan dapat mengisi kuesioner dengan baik dan tidak asal-asalan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Friski Wulandari - Personal Name
Student ID
2017100037
Dosen Pembimbing
Drs. Agus Putranto, M.M., M.F.P. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail