WAKAF TUNAI BERJANGKA DALAM UNDANG-UNDANG NO. 41 TAHUN 2004 PERSPEKTIF MAQASID AL-SHARI’AH

Detail Cantuman

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

WAKAF TUNAI BERJANGKA DALAM UNDANG-UNDANG NO. 41 TAHUN 2004 PERSPEKTIF MAQASID AL-SHARI’AH

XML

Penelitian ini berangkat dari realitas dimana kajian wakaf terus berkembang seiring berjalannya waktu. Wakaf pada mulanya hanya dipahami dalam bentuk benda tidak bergerak seperti tanah dan bangunan. Kemudian tempo wakaf dipahami hanya bisa dilakukan dengan selamanya. Hanya saja, hukum positif yang berlaku di Indonesia, tepatnya pada undang-undang no. 41 tahun 2004 melegitimasi wakaf dalam bentuk uang. Bahkan, wakaf uang juga diperbolehkan dilakukan secara berjangka. Realitas demikian memang cukup problematis. Dimana ketetntuan tidak ada legitimasi yang jelas. Disamping itu, ketentuan penggunaan uang juga berubah sejak ditulisnya ketentuan fiqh hingga masa kini.

Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana data yang digunakan adalah data verbal, bukan angka. Adapun jenis yang dipakai adalah Library Research. Oleh karena itu, UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf menjadi data primer dan literatur tentang wakaf dan Maqasid al-Shari’ah menjadi data sekunder. Penelitian ini selanjutnya akan ditinjau melalui perspektif Maqasid al-Shari’ah milik Jasser Auda. Penulis dalam hal ini mencoba mengeksplorasi ketentuan wakaf tunai berjangka secara lebih mendalam.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pertentangan secara prinsipil terkait penggunaan wakaf uang. Hal ini karena funsi uang yang berubah dari hanya menjadi alat tukar, menjadi alat ukur nilai suatu aset. Selanjutnya, dengan menggunakan enam fitur Maqasid berupa kognisi, holisme, keterbukaan, universalitas, hierarki, dan kebermaksudan, penulis menemukan bahwa teori Maqasid mengkonfirmasi kemaslahatan yang terdapat dalam wakaf tunai berjangka. Selanjutnya, penulis berharap penelitian ini mampu menjadi kontribusi akademik dalam bidang hukum perwakafan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ahmad Nurochman - Personal Name
Student ID
2015070030
Dosen Pembimbing
Aksamawati, S.HI., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Akmal Bashori, S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74234
Edisi
Published
Departement
Hukum Ekonomi Syariah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail