ANALISIS HUKUM TERHADAP DISPENSASI KAWIN DAN PERLINDUNGAN ANAK DI PUSPAGA (PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA) (STUDI KASUS DI WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

ANALISIS HUKUM TERHADAP DISPENSASI KAWIN DAN PERLINDUNGAN ANAK DI PUSPAGA (PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA) (STUDI KASUS DI WONOSOBO)

XML

Penulisan skripsi ini didasarkan pada pernikahan dini yang banyak terjadi diWonosobo dengan mengajukan permohonan dispensasi kawin kepada PengadilanAgama Wonosobo yang dalam memberikan keputusannya menggunakan dasarsurat rekomendasi yang dikeluarkan oleh PUSPAGA (Pusat PembelajaranKeluarga). Maka dengan ini penulis merasa sangat perlu untuk melakukanpenelitian terkait hal tersebut. Tujuan penulisan skripsi ini adalah mengetahuidasar pertimbangan PUSPAGA Kabupaten Wonosobo terkait Surat Rekomendasitentang Dispensasi Perkawinan Anak, untuk mengetahui dan mendapatkananalisis secara normative empiris dari pertimbangan PUSPAGA Kabupaten Wonosobo terkait Surat Rekomendasi tentang Dispensasi Perkawinan Anakditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014. Metode yang digunakan adalah penelitian secara yuridis empiris. Penulismelakukan penelitian dengan obyeknya adalah Puspaga Kabupaten Wonosobodan sebagai sumber penelitiannya adalah Surat Rekomendasi Nomor460/199/VII/2020 tentang Dispensasi Perkawinan Anak, buku, peraturanperundang-undangan dan wawancara dengan pihak Puspaga. Penulis menemukan hasil penelitian bahwa Pernikahan di Di KabupatenWonosobo tergolong tinggi sehingga Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga)Kabupaten Wonosobo mengeluarkan 3 kriteria yang digunakan untuk menentukansurat rekomendasi yaitu apakah pemohon dispensasi kawin diizinkan atau tidakyaitu tidak memenuhi kriteria untuk menikah, belum memenuhi kriteria untukmenikah dan sudah memenuhi kriteria untuk menikah. Dengan adanya tiga criteriatersebut maka tidak semua orang bisa mendapatkan surat rekomendasi dispensasikawin.

Kata Kunci :Dispensasi Kawin, Puspaga, Surat Rekomendasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Surtiniasih - Personal Name
Student ID
2016090050
Dosen Pembimbing
Dr. H. Mahfudz Junaedi, M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Nila Amania, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FSH-IH 727 SUR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail