KEBIJAKAN SWAB ANTIGEN SEBAGAI SYARAT ADMINISTRASI NIKAH MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN WATUMALANG)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Keluarga

KEBIJAKAN SWAB ANTIGEN SEBAGAI SYARAT ADMINISTRASI NIKAH MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN WATUMALANG)

XML

Penelitian ini membahas tentang kedudukan Swab Antigen sebagai syarat administrasi nikah dalam pandangan maslahah mursalah. Pernikahan merupakan wadah untuk mebentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, war rahmah. Banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam sebuah pernikahan. Islam sendiri menganggap bahwa pernikahan merupakan suatu ibadah. Melihat hal ini, tentunya siapa saja yang mau melaksanakan pernikahan haruslah sudah siap baik secara dhohir maupun batin. Selain kesiapan secara lahir dan batin, seseorang ketika mau melaksanakan pernikahan harus memenuhi syarat-syarat dan rukun nikah agar pernikahannya sah secara agama dan negara. Analisis data yang digunakan untuk tulisan ini yaitu deskriptif kualitatif, metode ini menganalisis dengan menguraikan serta melakukan analisa terhadap data yang didapat. Di era pandemi, tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat tetap melaksanakan pernikahan. Maka dari itu KUA Kecamatan Watumalang menerapkan swab antigen sebagai salah satu persyaratan administrasi dalam suatu proses pernikahan. Sesuai dengan pokok-pokok dasar maslahah mursalah maka swab antigen sebagai suatu persyaratan pernikahan di masa pandemi hukumnya boleh.

Kata Kunci: Pernikahan, Swab Antigen, Maslahah Mursalah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Frendi Riyono - Personal Name
Student ID
2018060036
Dosen Pembimbing
Dr. Mutho`am, S.H., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Akmal Bashori, S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74230
Edisi
Published
Departement
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FSH-HK 689 FRE K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail