ASUHAN KEPERAWATAN ANAK A DENGAN BRONKOPNEUMONIA DI RUANG DAHLIA RSUD KRT SETJONEGORO WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN ANAK A DENGAN BRONKOPNEUMONIA DI RUANG DAHLIA RSUD KRT SETJONEGORO WONOSOBO

XML

Latar Belakang: Bronkopneumonia adalah istilah medis yang digunakan untuk menyatakan peradangan yang terjadi pada dinding bronkiolus dan jaringan paru disekitarnya. Cakupan penemuan penderita Bronkopneumonia Balita di Kabupaten Wonosobo pada tahun 2020 sebesar 40,1% turun dibandingkan dengan 2019 sebanyak 75% dan tahun 2018 79,83%, hal ini dikarenakan penemuan kasus di beberapa puskesmas sangat rendah.
Tujuan: Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak A dengan Bronkopneumonia di Ruang Dahlia RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo.
Metode: Desain Karya Tulis Ilmiah ini adalah studi kasus dengan mengeksplorasi masalah asuhan keperawatan anak dengan Bronkopneumonia. Lokasi studi kasus dilakukan di Ruang Dahlia RSUD KRT
Setjonegoro Wonosobo pada tanggal 17-19 Juni 2022. Subjek studi kasus adalah Anak A. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil: Asuhan keperawatan yang telah dilakukan selama 3 hari teratasi sebagian.
Pembahasan: Hasil pengkajian didapatkan keluhan batuk “grok-grok” sesak napas dan pada pemeriksaan fisik ditemukan adanya ronkhi. Berdasarkan analisis diagnosis keperawatan diagnosis yang ditegakkan yaitu Bersihan jalan napas tidak efektif berhubungan dengan sekresi yang tertahan ditandai dengan gelisah, terdapat suara napas tambahan (ronkhi), tidak mampu batuk, pola napas berubah. Perencanaan dibuat tidak hanya tindakan mandiri, namun juga kolaborasi dengan pemberian injeksi antibiotik, terapi nebulisasi dan pemberian oksigen. Pelaksanaan disesuaikan dengan perencanaan yang telah dibuat, evaluasi dilakukan setiap hari selama 3 hari dilakukan asuhan keperawatan.
Daftar Pustaka: 6 Jurnal (2015-2022), 4 Situs Web (2017-2020), 21 Buku (2012-2022).


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Aulia Nurhayati - Personal Name
Student ID
2019200062
Dosen Pembimbing
Ns. Ika purnamasari, S.Kep., M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Mahmudah, S.Kep., Ns - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail