PERAN PEJABAT NOTARIS DALAM PELAKSANAAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PENGURUSAN IZIN USAHA (STUDI DI KANTOR NOTARIS DAN PPAT KULONGGONO HANDOKO, S.H.,M.KN..)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

PERAN PEJABAT NOTARIS DALAM PELAKSANAAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PENGURUSAN IZIN USAHA (STUDI DI KANTOR NOTARIS DAN PPAT KULONGGONO HANDOKO, S.H.,M.KN..)

XML

Online Single Submission (OSS) diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha Terintegrasi Sistem Elektronik, melalui sistem ini pemohon dapat secara langsung mendaftarkan usahanya tanpa memikirkan proses yang harus mendatangi berbagai instansi dan memerlukan banyak waktu. Hal ini karena sistem ini melalui platform online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Perizinan dalam OSS ini sebetulnya adalah perizinan secara personal dari pemohon kepada pemerintah sebagai institusi perizinan, namun dalam beberapa praktek notaris juga ikut andil dalam pengurusan izin berusaha meskipun didalam peraturan tidak diatur secara spesifik terkait hal tersebut. Seehingga dengan adanya penerapan yang seperti itu didasarkan pada pemberian kuasa karena kepercayaan pemohon terhadap notaris yang bersangkutan karena dianggap notaris adalah pihak yang mengetahui sistem OSS dengan diadakannya seminar-seminar yang diadakan oleh berbagai institusi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis dimana data yang dipergunakan adalah data primer yang didapatkan melalui upaya obervasi, dan wawancara, kemudian disandingkan dengan data sekunder yang terdiri dari peraturan perundang-undangan, tulisan dari peneliti lain, dan sumber kepustakaan lainnya. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa peran notaris dalam pelaksanaan perizinan berusaha melalui sistem OSS merupakan upaya yang positif. Dimana sebagai insan yang mengetahui tentang hukum baik secara teori maupun praktik dapat membantu masyarakat dalam proses-proses perizinan yang tidak diketahui alurnya oleh masyarakat karena kurangnya sosialisasi terhadap sistem baru yang diberlakukan oleh pemerintah dalam upaya menjamin kepastian hukum yang berasaskan efisiensi, dan transparansi nyata.

Kata kunci: notaris, perizinan berusaha, online single submission


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Radito Sanjaya - Personal Name
Student ID
2015090021
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, SH., M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Ika Setyorini, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FSH-IH 720 MUH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail