PERAN UNIT DETEKSI CA-NINE (K-9) DALAM MEMBANTU TUGAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL GUNA MENCARI DAN MENEMUKAN BARANG BUKTI TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

PERAN UNIT DETEKSI CA-NINE (K-9) DALAM MEMBANTU TUGAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL GUNA MENCARI DAN MENEMUKAN BARANG BUKTI TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH)

XML

Tindak kejahatan yang marak terjadi di Indonesia salah satunya adalahperedaran gelap dan penyalahgunaan Narkotika. Karena semakin maraknyaperedaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia, maka pemerintahmelakukan upaya dengan membentuk Badan Narkotika Nasional (BNN), Peredarangelap dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia saat ini tidak hanya di kota besar,melainkan sudah sampai ke daerah bahkan pelosok negeri. Berdasarkan UndangUndang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, BNN merupakan lembagadengan struktur vertikal ke Provinsi dan Kabupaten atau kota. BerdasarkanUndang-Undang Narkotika, BNN memiliki tugas yaitu melakukan penyelidikandan penyidikan yang berkaitan dengan Tindak Pidana Narkotika. Salah satu upayayang dilakukan penyidik guna membantu tugasnya adalah bekerjasama dengan UnitDeteksi K9. Unit deteksi K9 terdiri dari pawang dan satwa K9 (anjing pelacak) yangmemiliki peran membantu tugas penyidik dalam proses penyelidikan pencarianbarang bukti tindak pidana narkotika dengan mengandalkan penciuman satwa K9.Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana peran Unit Deteksi K9 dalammembantu tugas penyidik guna mencari dan menemukan barang bukti tindakpidana Narkotika serta bagaimana kekuatan pembuktian terhadap barang bukti yangditemukan oleh satwa K9 di pengadilan. Untuk memperoleh data denganpermasalahan yang penulis angkat, maka penulis menggunakan metode penelitianberjenis Yuridis Empiris, dengan sumber data primer, data sekunder dan datatersier. Penggunaan satwa K9 dilakukan sebagai solusi untuk memaksimalkankinerja penyidik. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pengungkapan tindakpidana narkotika dengan bantuan satwa K9 sangat membantu tugas penyidik padaproses penyelidikan pencarian barang bukti tindak pidana narkotika.

Kata Kunci: Narkotika, BNN, Satwa K9


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Hidayatul Mustafidah - Personal Name
Student ID
2018090017
Dosen Pembimbing
Ika Setyorini, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Linda Ikawati, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FSH-IH 701 NUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail